DLHK Pekanbaru Kembali Pergoki Oknum Warga Buang Limbah Tinja ke Kebun Sawit


PEKANBARU- Sudah untuk kedua kalinya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru memergoki oknum warga membuang limbah tinja ke kebun sawit di Jalan Labersa, Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya, Selasa, (4/2/2020), kemarin.

" Saya langsung yang mergoki kejadian itu, kebetulan dari rumah lewat sana. Saya langsung berhenti dan melihat mereka membuang limbah tinja ke kebun sawit," kata Kepala Seksi Penegakan Humum DLHK, Rubi Adrian, Rabu, (5/2/2020).

Menurut keterangan oknum warga itu limbah tinja tersebut dibawa dari perumahan warga. Dibuang ke kebun sawit karena sudah mendapat izin dari pemilik tanah dengan alasan untuk memupuk tanaman.

" Menurut saya itu hanya alasan saja. Karena kebun sawitnya tidak produktif," jelas Rubi Adrian.

Perbuatan yang dilakukan oknum itu merupakan suatu pelanggaran namun untuk sementara belum ada sanksi yang bisa dikenakan berhubung di Kota Pekanbaru belum ada tempat untuk pengolahan limbah tersebut.

Ditanyakan apakah di Pekanbaru memang tak ada regulasi yang mengatur terkait limbah tinja, Rubi, menjelaskan, kalau secara peraturan perundang-undangan tindakan seperti itu memang tidak dibenarkan. Sesuai  UU 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Namun yang jadi persoalan karena kesiapan Pemerintah Daerah untuk tempat pengolahan limbah tinja belum ada.

Ditanyakan, bukankah untuk usaha mobil tinja banyak di Pekanbaru lantas kemana mereka membuang limbahnya, Rubi, mengatakan, berdasarkan pengakuan dari oknum warga yang tertangkap limbah dibuang ke kebun- kebun warga juga.

"Kita ingatkan untuk usaha penyedotan tinja diminta untuk mendaftarkan usahanya di DLHK. Kepada warga yang menemukan oknum membuang limbah sembarangan segera melapor ke DLHK. Kami dari internal akan membahas persoalan bagaimana menanggulangi usaha penyedotan tinja," imbuhnya.

Rubi Adrian, mengakui, memang banyak usaha penyedotan mobil tinja di Pekanbaru namun belum diketahui kemana mereka membuang limbahnya.

" Ini untuk yang kedua kalinya kami memergoki oknum warga buang limbah tinja ke kebun sawit di sekitar Jalan Labersa," katanya. (iky).


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar